Home > STRATEGY > Cara Wali Kota Mataram Memberantas Kemiskinan

Cara Wali Kota Mataram Memberantas Kemiskinan

Wali Kota Mataram, NTB, H. Ahyar Abduh, Rabu meluncurkan program Wirausaha Baru sebagai salah satu upaya mengurangi kemiskinan dan pengangguran di wilayah perkotaan. Program ini merupakan sinergi antara Pem Kot Motaram dengan Pem Prov NTB yang menargetkan 100 ribu wirausaha baru hingga 2013.

Ahyar berharap wirausaha baru yang muncul dari kelompok-kelompok masyarakat kecil yang memiliki motivasi untuk suskses. Dia menyakini bahwa pertumbuhan ekonomi 8,7 persen di kota Mataram dipengaruhi oleh kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh ribuan pelaku usaha micro. Laju pertumbuhan ekonomi inilah yang membuat kota Mataram adalah kota yang paling tinggi di NTB dan Indonesia.

Untuk mendukung upaya tersebut, Ahyar menjalankan beberapa cara :

  1. Meminta seluruh BUMN yang beroperasi di Kota Mataram, untuk menyisihkan dana “Corporate Social Responsibility” (CRS) untuk membantu permodalah pelaku usaha kecil.
  2. Mengidentifikasi jenis-jenis usaha ekonomi produktif disetiap kelurahan untuk di bina.
  3. Membentuk wadah ekomoni, M2BC (Mataram Micro Bussines Centre) untuk memfasilitasi pembinaan kelompok usaha kecil dan pemasaran produk.

Lalu Martawang, Sekrestaris Bappeda kota Mataram menyebutkan, tahun 2011 sudah sidiakan 500 juta untuk wirausaha baru sebanyak 500 orang dan masing-masing akan mendapatkan 10 juta. targetnya  hingga 2013 akan dibentuk wirausaha baru sebanyak 10.000 yang tersebar di kota Mataram.

Antara – 8 Juni 2011

Categories: STRATEGY
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s