Home > HEALTH SIDE > Waspadai Batuk bagi Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Waspadai Batuk bagi Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Selama masa kehamilan sistem kekebalan tubuh ibu hamil menurun. Ibu hamil membutuhkan sistem kekebalan tubuh yang lebih banyak karena ia tak hanya melindungi dirinya tapi juga melindungi bayi yang dikandung. Hal ini menyebabkan ibu hamil sangat sensitif dengan kuman.

Hal yang biasa terjadi pada ibu hamil adalah batuk. Batuk adalah suatu tindakan reflek sebagai respon untuk membersihkan saluran pernafasan yang terkena lendir atau iritasi. Batuk biasanya disebabkan oleh virus dan biasanya akan berlangsung selama 2 minggu.

Ketika batuk, perut akan bergerak naik turun, bayi akan turut merasakan batuk anda. Tak perlu khawatir, bayi tidak akan terpengaruh secara fisik. Anda cukup memegang perut bagian bawah agar perut anda tidak tegang.

Batuk yang harus diwaspadai adalah batuk yang sampai menyebabkan lendir sehingga sulit bernafas. Ini penting, mungkin anda mengalami infeksi dada. Infeksi dada ini bisa mempengaruhi bayi yang sedang dikandung.

Hal-hal simple yang bisa dilakukan untuk mencegah batuk, antara lain; rajin mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air panas, pola makan yang  sehat dan memiliki jam tidur malam secukupnya.

Jika sudah terlanjur batuk, untuk meredakannya, bisa membuat secangkir madu yang dicampur jeruk nipis. Madu bisa menenangkan tenggoraokan yang gatal. Ramuan ini baik diminum saat panas.

Bila batuk berlanjut, segera temui dokter. Pastikan ibu hamil juga mempelajari obat-obat yang berefek terhadap kehamilan. Ada beberapa jenis obat yang cukup mempengaruhi pada usia kehamilan tiga bulan pertama. Adapula yang berdampak di masa kehamilan di trimester berikutnya.

Selama kehamilan pastikan minum banyak air. Jangan sampai dehidrasi. Air minum dan jus jeruk cukup baik untuk menambah cairan dan pasokan vitamin C agar daya tahan tubuh lebih kebal.

republika

Categories: HEALTH SIDE
  1. henyrosiana
    November 28, 2012 at 8:41 am

    info tambahan, apel bagus banget juga. gak usah yang apel mahal, apel biasa juga sudah cukup

    • November 29, 2012 at 10:29 pm

      oya?? terima kasih banyak atas sharing informasinya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: