Home > STRATEGY > 4 Esensi Pemimpin

4 Esensi Pemimpin

Memimpin adalah kemampuan mempengaruhi orang untuk melakukan sesuatu dengan berbagai cara. Secara fundamental ada 4 esensi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Visi, motivatif, empati dan asli atau tidak berpura-pura.

Empat hal ini yang membuat orang yang memiliki jiwa kepemimpinan (pemimpin) itu, berbeda dengan manajer, pengawas dan kegiatan lain yang sering disamakan dengan pemimpin. Seperti yang dilakukan Nelson Mandela yang mengubah arah bangsanya, menurut saya bukan dengan manajemen tapi dengan kepemimpinannya. 4 esensi itu adalah:

Visi  

Seorang pemimpin harus memiliki pandangan jauh kedepan terhadap apa yang akan dicapai. Pemimpin yang tidak bisa menunjukkan jalan, jika dia tidak bisa “melihat” jauh kedepan . Visi tidak mengharuskan pemimpin dapat melihat semua jalan dari awal sampai akhir perjalanan, tapi dia harus mengetahui arah secara umum. Dia juga harus mampu mengenali hambatan dan cara mengatasinya. Kemudian tahapan mencapai visi melalui penjelasan di Misi.

Motivatif

Pemimpin harus bisa menjadi motivator untuk orang yang dipimpinnya. Pemimpin harus tahu cara merangkai kata-kata yang menyentuh alam sadar pengikutnya supaya semangat dapat terjaga. Tapi intinya adalah bahwa pemimpin perlu untuk percaya bahwa yang tidak diketahui adalah tujuan yang layak. Keyakinan ini harus otentik (umumnya ditunjukkan melalui semangat).

Empati

Memperlihatkan rasa iba adalah respon emosional terhadap orang yang anda pimpin. Seorang pemimpin harus mengerti bagaimana emosi akan menampakkan dirinya dalam proses atau keadaan, yang kemudian dengan empati pula ia bisa menjaga semangat pengikutnya. Hampir semua yang perlu pemimpin tahu adalah tentang mendengarkan, berkomunikasi, memotivasi, membangun tim, resolusi konflik karena empati adalah keterampilan maka harus dipelajari.

Keaslian

Memperlihatkan apa adanya adalah internalisasi empati. Memahami mengapa Anda berperilaku seperti yang Anda katakan, dan membuka rahasia untuk menjadi otentik. Keaslian adalah dasar kepercayaan, dan dipercaya adalah hal yang terpenting yang harus dimiliki oleh pemimpin. Pemimpin yang tidak dipercaya akan sulit mempengaruhi orang yang dipimpin. Dan untuk bisa dipercaya maka seorang pemimpin harus memperlihatkan keasliannya.

Bila seorang sudah memiliki empat hal ini maka kemungkinan besar ia bisa menjadi pemimpin yang sukses.

Categories: STRATEGY
  1. palett
    March 9, 2013 at 9:48 am

    thanks for your artikel,

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: