Home > POLITICS SIDE > Tata Cara Permohonan dan Penarikan Berkas di MK

Tata Cara Permohonan dan Penarikan Berkas di MK

Semua hal memiliki aturan main. Jadi tidak semua hal bisa kita lakukan serta merta, apalagi hal yang berhubungan dengan birokrasi, panjang dan rumit biasanya. Dalam kesempatan kali ini saya membahas tentang tatacara permohonan dan penarikan soal Beracara dalam Sengketa Kewenangan Konstitusional Lembaga Negara yang diatur dalam  Peraturan Mahkamah Konstitusi Nomor 08/Pmk/2006.

TATA CARA PERMOHONAN

 (1) Permohonan ditulis dalam bahasa Indonesia dan harus memuat:

a. Identitas lembaga negara yang menjadi pemohon, seperti nama lembaga negara, nama ketua lembaga, dan alamat lengkap lembaga negara;

b. nama dan alamat lembaga negara yang menjadi termohon;

c. uraian yang jelas tentang:

1. kewenangan yang dipersengketakan;

2. kepentingan langsung pemohon atas kewenangan tersebut;

3. hal-hal yang diminta untuk diputuskan.

(2) Permohonan dibuat dalam 12 (duabelas) rangkap dan ditandatangani oleh Presiden atau Pimpinan lembaga negara yang mengajukan permohonan atau kuasanya.

(3) Selain dibuat dalam bentuk tertulis, permohonan dapat pula dibuat dalam format digital yang tersimpan secara elektronik dalam media penyimpanan berupa disket, cakram padat (compact disk), atau yang sejenisnya.

(4) Permohonan sengketa kewenangan konstitusional lembaga negara diajukan tanpa dibebani biaya perkara.


TATA CARA PENGAJUAN

(1) Permohonan tertulis dan/atau format digitalnya (soft copy) diajukan kepada Mahkamah melalui Kepaniteraan.

(2) Permohonan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus disertai alat-alat bukti pendukung, misalnya dasar hukum keberadaan lembaga negara atau surat/dokumen pendukung.

(3) Alat-alat bukti tertulis yang diajukan, seluruhnya dibuat dalam 12 (duabelas) rangkap dengan bukti yang asli diberi materai secukupnya.

(4) Apabila pemohon bermaksud mengajukan ahli dan/atau saksi, pemohon harus menyertakan daftar ahli dan/atau saksi yang akan memberi keterangan yang berisi identitas, keahlian, kesaksian dan pokok-pokok keterangan yang akan diberikan.

(5) Dalam hal pemohon belum mengajukan ahli dan/atau saksi sebagaimana dimaksud pada ayat (4), pemohon masih dapat mengajukan ahli dan/atau saksi selama dalam pemeriksaan persidangan.

 

TATA CARA PENARIKAN PERMOHONAN

 (1) Pemohon dapat menarik kembali permohonannya sebelum atau selama pemeriksaan dilakukan dengan mengajukan permohonan penarikan kembali secara tertulis.

(2) Dalam hal pemohon mengajukan permohonan penarikan kembali sebagaimana dimaksud pada ayat (1) setelah dimulainya pemeriksaan persidangan, Mahkamah dapat mempertimbangkannya setelah mendengar keterangan termohon.

(3) Dalam hal Mahkamah mengabulkan permohonan penarikan kembali setelah dimulainya pemeriksaan sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Mahkamah menerbitkan ketetapan dan memerintahkan kepada Panitera untuk mencatatnya dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi dan salinannya disampaikan kepada para pihak.

(4) Dalam hal Mahkamah menolak permohonan penarikan kembali setelah dimulainya pemeriksaan sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Mahkamah menyatakan melanjutkan pemeriksaan.

(5) Penarikan kembali permohonan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18 ayat (1) mengakibatkan permohonan tidak dapat diajukan kembali oleh pemohon.

(6) Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak berlaku dalam hal:

a. substansi sengketa memerlukan penyelesaian secara konstitusional;

b. tidak terdapat forum lain untuk menyelesaikan sengketa dimaksud; dan

c. adanya kepentingan umum yang memerlukan kepastian hukum.

Download Peraturan MK NOMOR 08/PMK/2006

Categories: POLITICS SIDE
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: