Home > NEWS > Selayang Pandang Program PCMI

Selayang Pandang Program PCMI

Program pertukaran Pemuda Antar Negara merupakan sebuah acara tahunan yang diadakan oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga indonesia yang diperuntukkan untuk pemuda dan pemudi Indonesia yang siap menjadi Duta Muda Bangsa.

Acara tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemuda dan pemudi Indonesia untuk memperoleh wawasan Internasional. oleh karena itu perlu adanya pencarian bibit-bibit unggul secara selektif, yang menjadi Duta Indonesia yang cukup Representatif secra menyeluruh.

PCMI yang merupakan event organizer acara tahunan ini adalah singaktan dari Purnacaraka Muda Indonesia. Organisasi ini merupakan wadah berkumpulnya para alumni Program pertukaran pemuda antar negara. PCMI juga menjadi sarana alumni untuk mengembangkan dan menggiatkan acara tersebut menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Setiap tahunnya, PCMI dan Dispora melaksanakan serangkaian proses seleksi dilakukan untuk mencari, dari ratusan bahkan ribuan putra-putri terbaik aceh, untuk 1 orang yang terpilih sebagai duta Aceh dan Indonesia untuk mengikuti program pertukaran pemuda ini, yang tentunya kompeten, berkualitas dan mampu menjadi representaif Indonesia secara keseluruhan dimata dunia. Berikut adalah jenis program pertukarannya:

AIYEP

AIYEP (Australia-Indonesia Youth Exchange Program) adalah Program  Pertukaran Pemuda Indonesia dan Australia. Program tahunan ini sudah berlangsung sejak 1981, dengan tujuan People to people contact dan Promoting cultural understanding. Pemuda yang berhak mengikuti Program ini adalah pemuda Indonesia yang sehat secara Rohani dan jasmani yang berumur 21 s/d 25 tahun.

Didalam Program peserta akan menjalani  penempatan kerja (Work Placement) sesuai permintaan dan latar belakang pendidikan masing-masing, serta tinggal bersama keluarga angkat (Home Stay) selama 2 bulan di Australia dan kemudian dilanjutkan 2 bulan lagi di Indonesia. Bukan hanya itu, peserta juga diwajibkan untuk mengadakan penampilan seni budaya (Cultural Performance) disetiap minggunya pada sekolah-sekolah.

IMYEP

Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program, pertuakaran Pemuda Indonesia Malaysia telah dirintis sejak tahun 1970, merupakan wujud upaya nyata kedua negara dalam memperkokoh hubungannya. Program ini diperuntukkan untuk pemuda-pemudi Indonesia yang siap secara fisik dan mental yang berusia xx-28 tahun.

IMYEP berdurasikan 14 hari, yang mana hari ini dihabiskan 1 minggu di Malyasia dan sisanya adalah fase Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi Hometsay, workpalcement dan Cultural performance pada kesempatan tertentu. dan tidak lupa pula kunjungan-kunjugan ketempat-tempat penting dikedua negara.

SSEAYP

Adalah kepanjangan dari Ship for South East Asia Youth Program merupakan program yang pertama sekali dirintis oleh para pendiri negara ASEAN (Asia tenggara) pada tahun 1974.  Secara umum, program ini bertujuan untuk memperkuat network dan pemahaman antar budaya yang saling menguntungkan antara pemuda Asia tenggara dengan Jepang

Secara umum, kegiatan SSEAYP dibagi menjadi kegiatan di atas kapal (kegiatan selama kapal berlayar,  dikenal dengan sebutan “On Board Activities”.  Tahun 1974-2008 kapal yang digunakan adalah M.S. Nippon Maru,  sejak tahun 2009 menggunakan kapal M.S. Fuji Maru)  dan kegiatan di darat (saat kapal berlabuh, dikenal dengan sebutan “Country Program”.  Negara tujuan kapal berlabuh berubah setiap tahunnya. Biasanya terdiri dari Jepang dan 5 negara ASEAN).

ICYEP

IIndonesia-Canada Youth Exchange Program merupakan program kerjasama antara kementerian Pemuda dan Olahraga dan Canada World Youth. Program ini sudah dimulai sejak tahun 1974 dengan melahirkan hampir seribuan alumni yang berkarir di berbagai bidang baik di dalam maupun diluar negeri. Pogram ini bergerak dibidang community development dan

cross culture understanding.

Peserta yang terdiri dari gabungan pemuda Indonesia dan kanada berusia antara 18 sampai dengan 23 tahun akan berada di suatu daerah yang sudah ditetapkan untuk menjalankan program pengembangan masyarakat terutama dibidang lingkungan dan kesehatan. Program itu bermaksud untuk melahirkan pemuda-pemuda lokal yang mampu meneruskan program pengembangan masyarakat berkelanjutan. Youth leader in Action dan Youth leader initiative merupakan fokus program sehingga hasil akhir yang diinginkan berupa masyarakat yang mandiri itu terwujud.

Syarat dan Kriteria:

A. Administrasi

– Ijazah SMA (Legalisir)

– Fotokopi KTP Aceh 1 Lembar

– Pas Foto 3×4, 2 lembar

– Formulir pendaftaran (diberikan panitia)

B. Kriteria Seleksi

– Kemampuan Berbahasa Inggris (Writing & speaking)

– General Knowledge

– Kemampuan seni budaya dan bakat

Contact Person:

Nirwan   (085277003386)

Iqbal       (081281589832)

Media Informasi:

Web                  : nirwanfiles.wordpress.com

Facebook       : Pcmi Aceh

twitter             : @pcmiaceh

Tiada pengalaman seindah mengharumkan nama bangsa dan negara, so..

Jadilah Duta Muda bangsa…!!!

related post :

Sejarah Singkat Lahirnya PCMI Aceh

Video PPAN 2010

Categories: NEWS
  1. Yogi
    March 8, 2012 at 11:15 am

    IMYEP Programnya 2 minggu di Malaysia dan tahun selanjutnya adalah di Indonesia dengan durasi yang sama dimana Indonesia menerima delegasi kontingen Malaysia dan keterlibatan partisipan IMYEP tahun sebelumnya adalah sangat penting sebagai pendamping atau counterpart mereka

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: