Home > STRATEGY, Uncategorized > Cara Gaul Ngebreak di HT

Cara Gaul Ngebreak di HT

Huuf… sudah lama ingin menambah postingan di blog NF (NirwanFiles) ini tapi pikiran tak bisa diajak kerjasama untuk fokus beberapa minggu yang lalu. Oke tidak saya perpanjang tentang alasan  kemalasan saya itu mari langsung kita ke NF. Nah, karena banyak kawan yang bertanya-tanya informasi tentang contoh berkomunikasi di RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) maka akan saya paparkan sedikit.

Setelah satu bulan bergabung menjadi anggota RAPI sudah ada sedikit gambaran tentang cara-cara berkomunikasi menggunakan radio. Yuk akan saya kasih tau cara memanggil rekan, cara bergabung di check in dan cara menyampaikan berita.

Cara Memanggil Rekan

Anda baru dibenarkan menggunakan frekwensi RAPI bila sudah bergabung. Setelah jadi anggota, dan berencana akan memanggil rekan yang anda kenal menggunakan radio, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah, buka frekuensi kemudian monitor sebentar apakah frekwensi sedang digunakan atau tidak, kalau sedang digunakan rekan lain maka tunggu sebantar sampai mereka menutup percakanan atau fasilitas dikembalikan untuk dipergunakan oleh rekan-rekan lain.

Kalau frekwensi sudah kosong maka langsung mulai dengan mengatakan Call Sign. Call sign adalah nama sandi di RAPI. Nama ini akan diberikan ketika kita mendaftar menjadi anggota RAPI.  Call sign ini juga sering disingkat dengan menyebutkan kode 10-28.

Untuk memanggil, sebutkan 10-28 rekan yang kita panggil pertama kemudian baru kita sebutkan 10-28 kita, contoh :

“JZ 01 BWA, JZ 01 BWW panggil..”

Bacanya Juliet Zulu Kosong Satu Bravo Wisky Alfa, Juliet Zulu Kosong Satu Bravo Wisky Wisky panggil… tunggu sebentar dan ulangi sampai tiga kali. Kalau rekan RAPI yang nama sandinya JZ 01 BWA sedang ada difrekwensi  maka biasanya akan dijawab,

JZ 01 BWA silahkan atau iya go ahead…”

Kalau sampai tiga kali panggilan tidak ada jawaban dari rekan yang anda panggil maka akhiri panggilan dengan menyebutkan JZ 01 BWW, 10-23.  Ini artinya anda stand by di frekwensi.

Check in

Check in adalah program rutin yang dilaksanakan oleh setiap pengurus wilayah. Tujuan check in adalah untuk mengabsen anggota yang aktif. Acara check in dipandu oleh pengurus RAPI yang disebut Net.

Net akan membuka acara dan memberikan kesempatan beberapa menit kepada setiap anggota RAPI untuk check in yang kemudian akan dipanggil ulang rakan-rakan yang telah check in. NF belum merekam kata-kata formal yang diucapkan oleh Net. Sip.. yang terpenting bagi kita bukan itu tapi cara check in dan apa yang perlu kita katakan ketika di check in.

Setelah Net mempersilahkan untuk check in, maka langsung sebutkan Call Sign (10-28) anda. Misalnya “BWA check in”. Setelah itu stand by dan tunggu panggilan ulang Net. Setelah 10-28 anda dipanggil ulang oleh Net maka ucapkan terima kasih kepada Net yang memanggil, sebutkan salam RAPI, perkenalkan diri anda, sebutkan posisi anda, sebutkan pesan kalau ada yang perlu anda informasikan, selanjutnya tutup dengan salam.

Lebih kurang contohnya seperti ini:

“Terima kasih Net atas panggilan ulangnya, Assalamualaikum, 51-55 buat Net dan rekan-rekan yang sedang memonitor. Ini JZ 01 BWA, 10-20 di seputaran Ie Masen Kaye Adang, tidak ada 10-14 yang ingin saya 10-05 kan pada kesempatan kali ini, hanya check in seperti biasanya, oke.. 51-55, 10-23.”

Waktu check in:

Wilayah kota Banda Aceh malam selasa pukul 21:00 WIB

Wilayah wilayah Aceh Besar malam kamis pukul 21:00 WIB

Cara Menyampaikan Berita

Salah satu keuntungan menggunakan radio komunikasi ini adalah untuk tranformasi informasi. Bila anda punya informasi yang kira-kira perlu diketahui oleh rekan-rekan RAPI yang lain seperti keadaan cuaca, info kecelakaan, info kemacetan, atau info kehilangan motor tinggal ada sebutkan break dan langsung 10-05 kan 10-14 anda.

Dengan menggunakan etika komunikasi yang baik akan membuat anda disegani dan terdengar profesional di udara. Itu dulu 10-14 yang ingin JZ 01 BWA 10-05 kan pada kesempatan ini. Oya.. bila ingin tau informasi tentang jenis radio dan harganya bisa hubungi saya di Fb: Nirwan Samalanga. 51-55.

Categories: STRATEGY, Uncategorized
  1. Muhamad Nur Padillah
    June 4, 2015 at 9:20 am

    untuk kode sandi 51-55 tuk arti apa..??

    • August 4, 2015 at 4:22 pm

      51-55 artinya menyapa.. seperti salam

  2. abdit
    January 15, 2016 at 8:56 pm

    Bila mau gabung gmn ya mas bro? Saya tak tau kesetariatannya saya tinggal di kab sidoarjo, Jatim
    Klo saya pakai HT Baofeng 888s bisa kah? Lalu HT selain itu yg bagus apa ya? Thx

    • April 16, 2016 at 1:11 pm

      bisa mas, tinggal hubungi anggota RAPI setempat, kemudian minta didaftarkan sebagai anggota baru.
      untuk HT jenis apapun gak masalah yang penting bisa komunikasi.
      ada banyak pilihan untuk produk HT, motorola, dll

  3. nafri
    April 9, 2016 at 9:21 am

    51 salam sejahtera …. 55 salam untuk keluarga …. cmiiaw

    • April 16, 2016 at 1:09 pm

      dengan ucapan yang sama juga bang, kalo ke aceh panggil2 JZ 01 BWA bang

  4. Alfa Demak
    November 12, 2016 at 7:56 am

    salam sejahtera rekan se’udara
    minta pin bb atau no tlp rekan yang sudah gabung mohon pantulan nya .. saya ingin bergabung

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: