Home > CAMPUS, NEWS > Akademi Komunitas Aceh Barat Daya Pindah Kampus

Akademi Komunitas Aceh Barat Daya Pindah Kampus

kampus-AK3-dokAktivitas Akademi Komunitas (AK) Aceh Barat Daya dipindahkan ke kampus Cot Mane di Kecamatan Jeumpa, Sabtu 7 Februari 2015. Sebelumnya, kegiatan belajar mengajar AK dilakukan di gedung SMK Perikanan Suak Nibong, Kecamatan Tangan-tangan.

Pemindahan aktivitas AK dilakukan dengan konvoi bersama voorijder atau pengawalan khusus dari Kepolisian Resort Aceh Barat Daya dan Dinas Perhubungan. Seluruh mahasiswa, dosen, dan staf AK ikut serta dalam konvoi dari Suak Nibong ke Cot Mane tersebut. Setibanya di Cot Mane, para mahasiswa, dosen, dan staf AK bergotong royong membersihkan area kampus.

Wakil Koordinator AK Aceh Barat Daya, Ubai Rizal, mengatakan setelah pemindahan langsung dilakukan persiapan kuliah semester genap. “Setelah semester ganjil terlewati dengan baik, insya Allah kita akan memulai semester genap pada 2 Maret 2015,” ujar Ubai.

Pada semester genap nanti, kata Ubai, mahasiswa AK dijadwalkan praktik lapangan ke PoliteknikPertanianNegeri(Politani) Payakumbuh, Sumatera Barat, dan kawasan industri Medan. Praktik lapangan ini menurut Ubai untuk menambah keterampilan mahasiswa setelah mereka belajar teori selama perkuliahan.

Untuk sarana dan prasarana kuliah, kata dia, kampus Cot Mane telah memiliki ruang belajar dan beberapa laboratorium yang memadai. Di antaranya, laboratorium multimedia, permesinan, dan laboratorium komputer. Selain itu, ruang dosen, staf administrasi, hingga ruangan untuk kegiatan kemahasiswaan. Ke depan, tambah Ubai, dibutuhkan ruangan auditorium untuk menunjang kegiatan kampus.

Koordinator AK Aceh Barat Daya Ramli Bahar berharap, setelah pemindahan itu proses belajar mengajar dapat berjalan lancar. “Termasuk proses manajemen kampus bisa dilakukan dengan baik berbekal sarana yang ada sekarang,” ujar Ramli Bahar yang juga Sekretaris Daerah Aceh Barat Daya.

Selain itu, Ramli Bahar juga berharap instansi-instansi di Aceh Barat Daya yang terkait langsung dengan dua jurusan di AK dapat berperan aktif membantu pengembangan program akademi. “Tujuannya demi menciptakan sumber daya manusia Aceh Barat Daya siap pakai yang ahli di bidangnya,” ujar Ramli Bahar.

Akademi Komunitas Aceh Barat Dayamerupakan Program studi Di luarDomisili (PDD) di bawahDirektoratJenderalPendidikanTinggi (Dikti) Kementerian Pendidikandan Kebudayaan Republik  Indonesia. Politani Paya Kumbuh ditunjuk sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang membina AK hingga mandiri nantinya.

Kini, AK Aceh Barat Daya memiliki 120 mahasiswa untuk dua jurusan Diploma II, yakni 60 mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan, dan 60 mahasiswa Teknologi Pangan. Pendidikan di AK bersifatvokasi yang diarahkan pada penguasaan keahlian tertentu.

Categories: CAMPUS, NEWS
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: